Polres OKI Adakan Donor Darah

KAYUAGUNG - Kepolisian Resor (Polres) kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan menggelar bakti kesehatan berupa donor darah dan dilaksanakan di Mapolres OKI, Kamis (5/7/2018).


Bakti kesehatan ini juga sekaligus dalam rangka peringatan hari Bhayangkara ke-72 serta menindaklanjuti kekosongan stok darah yang tersedia di Palang Merah Indonesia (PMI) OKI.


Kapolres OKI, AKBP Ade Harianto SH MH mengungkapkan, kegiatan donor darah ini merupakan salah satu bentuk bantuan atau bakti sosial kepada masyarakat. Khususnya bagi masyarakat yang membutuhkan.


"Donor darah ini merupakan salah satu ibadah. Kenapa demikian, karena ada banyak masyarakat di luar sana yang membutuhkan," katanya.


Jadi dalam hal ini, lanjut Kapolres, kita melibatkan seluruh jajaran Polres OKI dan Polsek-polsek untuk melakukan donor darah. "Diharapkan ini akan bermanfaat. Apalagi, informasinya stok darah di Kabupaten OKI mengalami kekurangan," ungkapnya.


Sekretaris PMI OKI, Sirni Lestari menjelaskan, pasca bulan Ramadhan lalu dirinya mengakui bahwa stok darah di Kabupaten OKI mengalami kekurangan. "Puasa memang biasanya sedikit yang donor, jadi pasca puasa kita mengalami kekurangan stok darah," katanya.


Menurutnya, golongan darah yang banyak dibutuhkan adalah darah A. "Selain A, baru golongan B dan O. Yang jarang digunakan itu golongan darah AB," katanya.


"Setelah ini nanti akan dikumpulkan di bank darah di rumah sakit. Masa berlakunya biasanya maksimal satu bulan, tapi kerap belum sampai satu bulan sudah habis," pungkasnya seraya menambahkan target mengumpulkan 100 kantong darah.(ata)

No comments

Powered by Blogger.