» » » » Muara Enim Raih Penghargaan Special Mention Indonesia Smart Nation Award

KRSUMSEL.COM - Kabupaten Muara Enim meraih penghargaan special mention untuk kabupaten dalam Indonesia Smart Nation Award (ISNA) 2018 dari Citi Asia, Inc. Kabupaten Muara Enim menjadi salah satu pemenang dari total 8 nominasi Kabupaten dan Kota.

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pariwisata Arif Yahya kepada Bupati Muara Enim, Muzakir Sai Sohar, di Nusantara 2 Hall, ICE BSD, Tangerang, Kamis (3/5) Kemarin.

Menurut Cahyana Ahmadjayadi, Founder & Chairman Citiasia, penerima penghargaan ISNA 2018 merupakan daerah-daerah dengan peringkat terbaik pada 7 kategori penghargaan, yaitu Smart Readiness, Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, Smart Environment di mana masing-masing terdiri dari 3 daerah nominasi.

Sebelum dinobatkan sebagai pemenang, daerah-daerah ini dinilai berdasarkan hasil studi Indonesia Smart Region Maturity Index (Indeks Kematangan Daerah Pintar).

“Dalam proses penilaian indeks, ISNA 2018 diukur dengan menggunakan berbagai parameter pengukuran yang berasal dari data capaian pembangunan kota, kabupaten dan provinsi di Indonesia sejak tahun 2014 hingga tahun 2017,” ungkap Cahyana.

Menurutnya, penilaian melibatkan data hasil investigasi terhadap exposure seluruh daerah di lebih dari 260.000 artikel pemberitaan yang terdapat di lebih dari 30 media cetak dan elektronik nasional yang dimulai dari bulan Januari 2017 hingga Desember 2017.

Cahyana mengatakan, dalam rapat dewan juri penentuan pemenang, dewan juri menyepakati sebuah transformasi dalam ISNA 2018.

Transformasi tersebut terutama dalam hal kategori penerima penghargaan yang pada tahun sebelumnya diberikan kepada pemerintah daerah tingkat kota, kabupaten dan provinsi yang dibagi ke dalam 3 kategori daerah, yaitu besar, sedang dan kecil berdasarkan populasi penduduk.

“Sementara, pada tahun 2018, kategori penerima penghargaan diberikan berdasarkan kinerja pada dimensi smart city dan kesiapan smart city,” bebernya.

Bupati Muara Enim Muzakir Sai Sohar mengatakan bahwa melihat dari kriteria yang dinilai, ini menjadi tantangan bagi Muara Enim untuk meningkatkan kinerja dalam tata kelola pemerintahan.

“Di Muara Enim tetap harus senantiasa mendorong pengembangan dan pengelolaan komponen smart city lainnya, sehingga muara enim mampu meraih penghargaan di katagory lainnya untuk tahun-tahun berikutnya," ujar muzakir (GN)

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply