» » » » » Bendungan Tiga Dihaji Diharapkan Aliri Pertanian Tiga Kabupaten

KRSUMSEL.COM - Balai Besar Sungai Wilayah Sumatera VIII memastikan pembangunan bendungan terbesar setelah Waduk Jatiluhur tersebut akan dilakukan pada tahun ini. Waduk Tiga Dihaji di Kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan.


Bendungan Tiga Dihaji diharapkan dapat mengairi sekitar 72 ribu Ha Iahan pertanian di Ogan Komering Ulu, OKU Selatan dan OKU Timur sehingga dapat meingkatkan produksi pertanian. Tidak hanya itu waduk senilai 3,9 trilyun rupian ini juga dapat dimanfaatkan untuk air baku, pariwisata, olahraga dan pembangunan listrik berkapasitas 16,5 MW.



Kepala Balai Besar Sungai Wilayah Sumatera VIII, Supardji, mengungkapkan, dari hasil musyawarah antara warga dan FKPD setempat pada bulan Februari Ialu diketahui pembebasan lahan pada 273 persil lahan milik warga dipastikan tidak ada masalah dan akan segera dibayarkan. Supardji mengatakan, proses pembayaran ganti rugi lahan saat ini sedang berjalan dengan melibatkan beberpa pihak seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN), BPKP dan Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN).


"Tentunya setiap persil harus diveriflkasi dulu oleh BPN, kemudian direview oleh BPKP. Setelah prosesnya selesai akan dibayarkan LMAN kepada masyarakat," ujar Supardji kepada wartawan di Palembang,Senin (21/5 /2018).


Sementara proses tender menurut Supardji saat ini sedang berjalan dan hanya tinggal menunggu pemenang. Begitu pemenang tender ditentukan ddan pembayaran ganti rugi rampung maka pembangunan secara flsik sudah dapat dHakukan.


"Kami optimis bila tidak ada kendala tahun ini juga pembangunan flsik disa dilakukan. Skema pembiayaannya multiyears. Kami targetkan rampung dalam Iima tahun," tandasnya.(yuyun)

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di krsumsel.com.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply