Ratusan Buruh Demo

INDRALAYA, krsumsel.com - Ratusan Buruh yang tergabung dalam Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) mendatangi Kantor DPRD Ogan Ilir, Senin (30/10/2017). 

Dalam aksi yang saat ini masih berlangsung, mereka menuntut agar anggota dewan bisa mengakomodir aspirasi yang mereka sampaikan.

Dengan membawa spanduk bertuliskan ''Tolak Upah Murah Berlakukan Upah Layak Nasional, Cabut PP 78 PP Upah Murah'', dan masih banyak lagi spanduk lainnya.

Selain itu, massa juga membawa kerangkeng dan gurita, yang menyimbolkan bahwa perusahaan di Ogan Ilir menghisap para buruh, dan kerangkeng menunjukkan bahwa banyak kebijakan tak berpihak pada buruh.

Sementara itu, Wakil Koodinator Aksi, Suparman mengatakan, aksi tersebut dilakukan untuk meminta anggota dewan memperjuangkan nasib mereka.

“Kami minta anggota dewan memperhatikan dan memperjuangkan aspirasi kami, buruh yang tertindas ini,” Imbuhnya. 

Selain itu juga dari tiga tuntutan buruh tersebut KASBI juga menyuarakan tuntutan dan program perjuangan, yang diyakini akan memberikan kedaulatan dan kesejahteraan bagi kaum buruh dan rakyat Indonesia, yang dinamakan dengan Sepuluh Tuntutan Rakyat (SEPULTURA) yaitu:1. Hapus sistem kerja kontrak dan Outsourching 2. Tolak politik upah murah 3. Tolak PHK 4. Laksanakan Hak buruh perempuan dan lindungi buruh migran 5. Tangkap, Adili dan penjarakan pengusaha nakal 6. Berlakukan jaminan sosial 7. Turunkan harga BBM dan kebutuhan pokok rakyat 8. Pendidikan dan kesehatan Gratis untuk rakyat 9 . Tolak privatisasi, bangun Industri Nasional untuk ke sejahteraan rakyat.10. Tanah dan air untuk keaejahteraan rakayat. (Edi)

No comments

Powered by Blogger.