» » » » Siagakan Helikopter, Cegah Karhutla

Sekayu, KRSumsel.com - Berbagai upaya untuk memaksimalkan pencegahan karhutla di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) terus  dilakukan. Pemkab Muba bersama Tim Wise Air saat ini tengah mempersiapkan reposisi Helikopter Water Bombing untuk patroli dan pemantauan hot spot kebakaran hutan dan lahan di Muba.

Komandan Tim dari Wise Air, Capt Rizali Afandi menjelaskan timnya didampingi Kadis Ops Lanud Palembang Letkol Pasukan M Bonte, Staf BPBD Sumsel, Kepala Dinas Perhubungan Muba dan Kepala BPBD Muba berkeinginan agar dibuat titik helipad tambahan sebagai titik bantuan untuk karhutla, mengingat saat ini titik helipad hanya berada di Pendopoan Bupati.

"Kami telah melakukan peninjauan lokasi transit hub untuk Helikopter MI 8 MTV EY - 222 di dua titik, rencananya yaitu di Lapter Sekayu atau Stadion Sekayu," jelas Rizali saat audiensi bersama Bupati Muba di Ruang Rapat Bupati, Jumat (7/7).

Rizali menambahkan pengerahan Helikopter Water Bombing merupakan salah satu dari strategi operasi penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Muba.

"Dengan adanya helikopter ini luasnya wilayah pantauan titik rawan karhutla di Muba dapat terjangkau dengan mudah," harapnya.

Bupati Muba H Dodi Reza Alex menanggapi positif rencana tersebut dan optimis langkah ini mampu membuat keinginan menghidupkan kembali fungsi lapangan terbang terwujud. Optimalisasi Lapter Sekayu, lanjut Dodi yaitu untuk Flying School dan maintenance He/MRO (Helikopter MI 8 MTV EY-222).

"Saya berharap pihak Lanud dapat membantu menstandbykan helikopter sebagai antisipasi karhutla, dan tentu saja tidak hanya sebatas disini, kedepan keberadaan lapter dapat hidup dan bisa menjadi tempat pendidikan baru bagi para pelajar yang memiliki cita-cita sebagai pilot," tambahnya.(AS)

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply