» » » » Nikah Massal Diadakan Lagi

PALEMBANG -KRSumsel.com,- Pemerintah Kota Palembang kembali memberikan fasilitas nikah massal yang akan diadakan sekitar Agustus mendatang. 

Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Pemerintah Kota Palembang, Reza Pahlevi mengatakan, berdasarkan peraturan Mahkamah Agung bahwa masyarakat muslim mesti tercatat di KUA dan non muslim belum tercatat di Kantor Catatan Sipil (Capil). 

"Kebanyakan perserta itu sudah nikah tapi belum punya surat nikah. Untuk mendapatkan surat nikah itu harus melalui proses sidang istbat/penetapan di Pengadilan Agama," katanya, Selasa (4/7).

Direncanakan pelaksanaan pada Agustus sampai Oktober mendatang. Dijelaskan dia, pihaknya menunggu kepastian dari Pengadilan Agama baru bisa menentukan hari pelaksanaan, sebab peserta nikah massal ini tidak hanya dari kalangan bujang dan gadis, melainkan juga banyak yang telah menikah namun belum tercatat secara resmi oleh negara.

Sedangkan syarat untuk pasangan yang belum menikah, untuk menjadi peserta acara ini dilakukan sepertinya halnya pernikahan pada umumnya, yakni mengurus administrasi surat nikah (NA, N1, dan sebagainya).

"Datang ke RT lalu ke kelurahan untuk buat surat pengantar baru kemudian ke Kantor Urusan Agama (KUA). Kalau nikah beda kecamatan harus ada surat pengantar dari kecamatan masing-masing," terangnya.

Bagi yang ingin daftar, dapat menghubungi pihak kelurahan masing-masing. Ke bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesmas) di masing-masing kelurahan. "Kita tergetkan 50-100 pasang, tapi minimal 50 pasang. Saat ini kemungkinah sudah ada puluhan pasang calon pengantin yang daftar," ujarnya. (Iya).

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply