» » » » Kejari Sekayu Musnahkan Barang Bukti

Sekayu, KRSumsel.com - Maraknya peredaran dan penggunaan narkotika di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) membuat perihatin banyak pihak. Tercatat dari data Kejaksaan Negeri Muba, pelanggaran narkotika di Muba dari 2016-2017 meningkat yakni untuk pelanggaran narkotika di 2016 ada 143 perkara dan di 2017 meningkat menjadi 170 perkara. 

"Ini sangat miris, artinya ada peningkatan yang sangat signifikan dari tahun ke tahun. Bisa dikatakan sudah masuk lampu kuning untuk peredaran dan penggunaan narkotika di Kabupaten Muba ini," tegas Bupati Muba H Dodi Reza Alex Lic Econ MBA di sela kegiatan 

Pemusnahan Barang Bukti Dalam Rangka Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Ke- 57 Tahun 2017 di Kejaksaan Negeri Musi Banyuasin, Selasa (18/7). 

Dikatakan mantan anggota Komisi III DPR RI, maraknya penggunaan narkotika ini terjadi juga di beberapa daerah lain dan tidak hanya di Kabupaten Muba. "Untuk itu jadi perhatian kita semua, Pemkab Muba juga sangat konsen meminimalisir penggunaan dan peredaran narkotika. Dimulai dari diri kita masing-masing untuk konsisten menjauhi narkotika," kata Dodi. 

Lanjutnya, dalam waktu dekat pihaknya juga bersama aparat penegak hukum akan menyisir kawasan pedesaan di Muba sebagai upaya menekan dan meminimalisir penggunaan narkotika. "Beberapa waktu lalu ada Kepala Desa di Muba yang tertangkap karena menggunakan narkotika, dan sudah ditindak tegas bahkan sudah diberhentikan," cetusnya. 

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Muba, Maskur SH MH menyebutkan pihaknya akan terus bekerja sama dengan aparat penegak hukum dan Pemerintah Kabupaten Muba menekan angka penggunaan dan peredaran narkotika. "Ini sangat miris, trend tiap tahun penggunaan dan peredaran narkotika di Muba ini meningkat," katanya. 

Dijelaskan, di 2017 ini pihaknya mengamankan dan sekaligus memusnahkan barang bukti jenis narkotika diantaranya sabu-sabu paket kecil seberat 62.44 gram, sabu-sabu paket besar 91.04 gram, ganja 2.3 gram, pil ekstasi 64.24 gram. "Sedangkan jenis senjata api 4 senjata api laras panjang, 15 senjata api laras pendek, 58 butir amunisi, dan 36 bilah senjata tajam" ungkap Maskur. 

Ia berharap, dengan terus meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak khususnya Pemkab Muba di tahun selanjutnya peredaran dan pemakaian narkotika akan menurun. "Narkotika musuh bersama, dan saya sangat yakin dengan adanya peran Pemkab Muba meminimalisir penggunaan dan pemakaian narkotika trennya nanti akan menurun," harapnya. 

Pada kegiatan Pemusnahan Barang Bukti Dalam Rangka Memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Ke- 57 Tahun 2017 di Kejaksaan Negeri Musi Banyuasin juga turut dihadiri Wakil Bupati Muba Beni Hernedi, Wakapolresta Muba Kompol Dodi Indra Eka Putra SIK, Dandim 0401 Muba Letkol CZI Mulyadi SIP, Plt Sekda Muba Drs Apriyadi MSi, dan unsur FKPD di Kabupaten Muba.(AS)

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply