» » » » DPRD Muba Panggil SKK Migas dan Pertamina

Sekayu, KRSumsel.com - Menindaklanjuti surat Forum Masyarakat Musi Bersatu (FM2B) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) 4 Juli 2017 Ketua DPRD Muba Abusari SH MSi didampingi Ketua Komisi dan anggota dewan lainnya langsung memanggil SKK Migas, pihak Pertamina, Ketua FM2B Kurnaidi didampingi Sekretaris dan anggotanya, Dinas terkait, serta perwakilan masyarakat pengelola sumur tua di Muba.

Ketua DPRD Muba didampingi Kapolres AKBP Rahmat Hakim, KODIM serta Pihak Kejaksaan Negeri Sekayu mengatakan bahwa pihaknya memfasilitasi antara FM2B atas hasil investigasinya dilapangan dengan pihak SKK Migas dan Pertamina. 

Dalam hal tersebut Ketua FM2B Kurnaidi menyampaikan beberapa hasil chek lapangan dan temuannya bahwa dibeberapa kecamatan terdapat sumur bor baru yang ditambang oleh masyarakat secara tradisional.

 Untuk itu lanjut Kurnaidi agar pihak instansi terkait agar melakukan penataan, pembinaan dan penyelamatan penambang minyak secara tradisional agar meningkatnya PAD Kab. Muba dan peran serta masyarakat agar BUMD dapat di fungsikan kembali kemudian FM2B juga mempertanyakan jumlah pajak dari exporasi minyak serta dipertanyakan juga mengapa di Muba sulit mendapatkan izin sedangkan didaerah lain seperti Cepu, Belora Kalimantan dan Provinsi lain bisa mendapatkan izin, tegasnya.

Sementara itu perwakilan SKK Migas Sumsel mengatakan Pasca terbitnya Peraturan Menteri (Permen) tahun 2008 dan tahun 2009 pihaknya sudah meminpentarisir sumur tua di Sumsel termasuk di Kab Muba, saat ini di Muba cuma ada ratusan sumur tua walau waktu itu kita cari tahu kriteria sumur tua tersebut.

SKK Migas hanya menjalankan sesuai Permen yang ada, kami sudah rapat dengan Pertamina untuk mengetahui kriteria sumur tua itu, terangnya.

Sementara itu Kapolres Muba AKBP Rahmat Hakim SIk mengatakan bahwa dirinya tidak mau mengatakan legal atau illegal saya sebagai Polri sangat mudah untuk menutup sumur-sumur minyak tersebut. Tapi saya tidak mau bila hal itu terjadi bisa menjadi kutukan bagi saya.

Orang nomor wahid dijajaran baju cokelat di Bumi Serasan Sekate ini menegaskan bahwa Kamtibmas diutamakan agar terciptanya rasa aman dan kondusif di tengah masyarakat hukum no 2.

Untuk diketahui Lanjut Kapolres, saya memegang semua data pemilik sumur hingga tempat penyulingannya,"Saya tahu Pertamina maunya paket hemat, jangan coba-coba memberikan uang atau apapun kepada saya bila itu terjadi maka akan saya lempar langsung ke wajah orang itu, saya rela dicopot dari jabatan saya apabila saya ada masalah namun saya tidak rela apabila saya dicopot gara-gara saya tidak bisa kerja," Tidak ada kata pembiaran bagi illegal drilling ini, cetus Kapolres.

Widarmono Anggota DPRD Muba mempertanyakan tentang kriteria sumur tua dan meminta agar hasil pertemuan ini dilaporkan ke atasan mereka agar tidak mentok dijalan dia juga meminta agar jalan Talang Siku Keluang diperbaiki oleh CSR Pertamina.

A Rahman Senen anggota Dewan ini memberikan informasi bahwa sekitar 3 bulan lalu bahwa Petro Muba telah mendapatkan izin dari pertamina, agar lebih jelasnya pihak Petro Muba dipanggil, katanya.

Anggota dewan tertua Amri angkat bicara dia mengatakan bahwa pihak Pertamina ini sangat sulit diajak kerjasama dan Saya sangat setuju terhadap aksi FM2B ini.

Kemudian salah seorang korban penutupan Sumur illegal Mulyadi mengharapkan agar pertamina membuka kembali sumur yang sudah ditutup dengan alasan lingkungan hidup, mengapa hanya di Keluang saja ditutup sedangkan di Sungai Angit tetap beroperasi, tukasnya.

Acara dengar pendapat ini digelar Selaso (4/7) pukul 09.00 Wib diruang Badan Musyawarah (Banmus) didapat 4 kesimpulan yakni, 1. Dishub segera mensurvey titik jalan untuk di buat pos jaga dan segera usulkan anggarannya. 2. 

Segera melakukan kunjungan ke Cepu atau Belora dan Pemda membahas hasil kunjungan tersebut. 3. Mengundang Petro Muba untuk memastikan kerjasama dengan Pertamina, apabila jawaban Petro Muba tidak berkenan maka pihak Dewan akan merekomendasikan agar semua kepengurusannya di copot. 4. Dewan meminta kepada Bupati agar mengeluarkan Perbub tentang penyulingan minyak.(AS)

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply