» » » » Bupati Muba:IBI Diminta Tekan Angka Kematian Ibu Dan Anak

Sekayu,KRSumsel.com -  Kematian ibu dan anak jadi perhatian banyak pihak terutama Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin (Muba). Meskipun setiap tahun angka kematian ibu di Kabupaten Muba tergolong rendah yakni 9 Ibu meninggal dunia saat melahirkan setiap tahun, Bupati Muba H Dodi Reza Alex meminta Dinas Kesehatan Muba bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Muba menekan angka kematian ibu dan anak.

Hal ini disampaikan Bupati Muba H Dodi Reza Alex di sela Audiensi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Musi Banyuasin di Ruang Rapat Bupati, Jumat (7/7). Bupati Muba mengatakan, kematian ibu dan anak di Muba harus jadi perhatian khusus untuk terus diminimalisir.

"Meskipun angka kematian ibu di Muba tergolong rendah, tetapi harus terus diminimalisir dengan memberikan penyuluhan dan sosialisasi pola kesehatan saat hamil, tingkat kematian ibu dan anak merupakan indikator tingkat kesejahteraan masyarakat, oleh karena itu IBI harus berperan proaktif untuk mencegah kematian ibu dan anak, salah satunya dengan melakukan pelatihan ilu kebidanan secara reguler dan update ilmu, kami  Pemkab Muba akan mendukung dan monitor IBI supaya lebih baik lagi dalam melayani masyarakat, "ucapnya.

Menurutnya, saat ini upaya Dinas Kesehatan dengan stakeholder lainnya sudah sangat serius mengantisipasi kematian ibu dan anak. "Terlebih di Muba ini IBI sudah menyebar di seluruh Kecamatan dan Desa, artinya peran IBI untuk menjadi mitra Pemkab Muba dalaam menangani ibu hamil dan anak sudah berusaha dengan maksimal," terangnya.

Sementara itu, Sekretaris IBI Kabupaten Muba Mariyati menyebutkan pihaknya dalam upaya mengantisipasi dan menekan angka kematian ibu melahirkan dan anak terus melakukan penyuluhan ke desa-desa.

"Penyebab utama kematian ibu melahirkan di Muba yakni hipertensi, sedangkan anak didominasi karena prematur. Inilah yang konsen utama IBI muba untuk terus dicegah," jelasnya.

Dijelaskan, saat ini tercatat ada 904 anggota IBI di Muba yang tersebar di 14 Kecamatan dan desa-desa. "Nah, anggota-anggota IBI Muba inilah yang terus melakukan penyuluhan dan menyasar ibu-ibu hamil di pedesaan," katanya.

Sementara itu, pada 12 Juli mendatang IBI Kabupaten Muba akan menggelar seminar akbar tingkat Kabupaten Muba untuk diskusi banyak hal seputar implementasi program kerja IBI Muba khususnya dalam melakukan penekanan angka kematian ibu dan anak dan pada kesempatan itu nantinya akan dibuka langsung oleh Bupati Muba.

Pada kesempatan Audiensi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Musi Banyuasin di Ruang Rapat Bupati juga turut dihadiri Asisten I H Rusli SP MM dan Kepala Dinas Kesehatan Muba dr Taufik Rusydi MKes.(AS)

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply