» » » » BI: Uang Beredar Capai Rp 5.126 Triliun di Mei 2017

Jakarta, Krsumsel.com - Pertumbuhan likuiditas perekonomian atau uang beredar dalam arti luas (M2) per Mei 2017 meningkat 11,1% menjadi Rp 5.126 triliun. Angka tersebut lebih tinggi dibandingkan periode bulan April 10,2%. 

Uang beredar dalam arti luas atau M2 adalah komponen mata uang yang termasuk uang yang dipegang masyarakat, uang giral, tabungan, deposito rupiah maupun valas, surat berharga yang diterbitkan oleh sistem moneter yang dimiliki sektor swasta domestik dengan sisa jangka waktu sampai dengan satu tahun.

Sementara itu untuk uang kuasi yang terdiri dari dana pihak ketiga (DPK) deposito, tabungan baik rupiah maupun valas tumbuh 10% dari bulan sebelumnya 8,7%.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, mengatakan peningkatan pertumbuhan uang beredar dipengaruhi oleh peningkatan aktiva luar negeri bersih dan ekspansi operasi keuangan pemerintah pusat (Pempus).

"Operasi keuangan Pempus juga ikut mendorong akselerasi pertumbuhan uang beredar, kondisi ini tercermin dari penurunan kewajiban kepada Pempus yang tumbuh 35,5% dibanding bulan sebelumnya 52,4%," kata Tirta dalam keterangan tertulis, Selasa (4/7/2017).

Meskipun M2 naik, namun M1 (uang yang ada di masyarakat seperti uang kartal dan uang giral yakni giro berdenominasi rupiah) atau uang beredar dalam arti sempit menjadi 14% dari sebelumnya 14,5%.

"Inj terutama disebabkan oleh penurunan uang kartal di luar bank umum dan Bank perkreditan rakyat (BPR)," ujar Tirta.(hns/hns)

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply