» » » » 343 Pejabat Ikuti Penilaian

PALEMBANG - KrSumsel.com,- Badan Kepegawaian Negara Palembang Regional VII turut membantu pemerintah mewujudkan Merit System Aparatur Sipil Negara (ASN). Merit system adalah merupakan penilaian kinerja Aparatur Sipil Negara berdasarkan prestasi kerja. Dengan terwujudnya sistem ini, rotasi jabatan tidak diperlukan lagi pemilihan, karena BKN sudah punya data base.

Kepala BKN Palembang Regional VII, Gede Putra Suastika mengatakan, pelatihan ini dilakukan sebagai salah satu upaya pembinaan PNS mengarah ke merit sistem. Untuk mewujudkan salah satu langkah yang dilakukan adalah melakukan penilaian kompetensi dan potensi untuk pejabat-pejabat tingkat pimpinan. 

Hal ini dilakukan untuk membantu pejabat pembuat komitmen (PPK) dalam memilih pemimpinan atau pejabat di level eselon III dan eselon VI. Untuk penempatan setiap jabatan perlu penilaian kompetensi dan potensi untuk pemetaan jabatan.

"Ke depan seharusnya tidak lagi melakukan seleksi pejabat eselon III dan VI, semua tinggal klik, tinggal klik ketika ada rotasi jabatan," katanya Senin (3/7).

Ia mengatakan, nanti kalau jabatan ini sudah ada data basenya memudahkan dalam penempatan jabatan mereka. Penilaian ini sudah dilakukan sejak 2 tahun lalu, pihaknya hanya membangun sistem untuk memudahkan PPK mendapatkan sosok yang diinginkan.

Selain itu, penilaian ini juga dilakukan untuk meminimalisasi pengangkatan pejabat-pejabat yang terkesan ada intervensi politik. Maka sejak dua tahun lalu Badan Kepegawaian Daerah Pusat menyiapkan date base rekomdasi calon pejabat sesuai yang diinginkan.

"Hal ini dilakukan agar ke depan penempatan pejabat tidak lagi menggunakam asesmen dan meminimalisasi adannya intervensi politik. Khusus di Regional 7 yang meliputi empat provinsi, Sumsel, Jambi Banka Belitung, dan Bengkulu ada 343 pejabat setingkat kepala dinas maupun seketaris kepala dinas untuk mengikuti tes kompetensi dan potensi ini," tukasnya. (Iya).

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply