» » » » 17 Juli, PKB OKI Buka Pendaftaran

Kayuagung, Krsumsel.com - DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan secara resmi melaunching dan menetapkan akan membuka Penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Periode 2019 - 2024 yang akan diusung dalam Pilkada OKI Juni 2018 mulai tanggal 17 Juli 2017 nanti.

Dimana seperti diungkapkan oleh Ketua DPC PKB OKI Ir Turmudi didampingi Komaruddin selaku sekretaris Panitia Penjaringan Bacalonkada dan wacalonkada bahwa keputusan ini didapatkan serta merupakan hasil musyawarah bersama yang juga ternyata dilaksanakan secara serentak di Provinsi Sumsel.

"Pengambilan formulir pendaftaran kita buka mulai tanggal 17 Juli hingga 22 juli 2017 dan pengembalian berkas formulir pada 24 Juli sampai 27 Juli 2017, Artinya rentang waktu pengambilan hanya satu (1) minggu dan pengembalian berkas kita beri waktu 4 hari," Ungkap Ir Turmudi, Senin (10/7/2017).

Oleh karena itu, Katanya lagi, Dengan telah dibukanya penjaringan tersebut kepada seluruh elemen masyarakat yang berkeinginan mengikuti dan maju dalam Pilkada nanti, baik dari Kader kita sendiri, Kyai, Politikus maupun tokoh masyarakat lainnya silakan mendaftar.

"Berkas formulir pendaftaran yang nantinya dikembalikan oleh si pengambil akan kita verifikasi atau rapatkan terlebih dahulu, Yang mana selanjutnya satu nama kandidat akan dikirim ke DPW dan DPP PKB," Jelasnya.

Dijelaskannya lagi, Memang pada Partai kita sedikit berbeda dengan Partai lainnya. Karena di kita semua berkas formulir pendaftaran yang telah diserahkan oleh si pengambil dan telah diterima nantinya akan dirapatkan dahulu, kemudian bilamana ada kandidat dirasa cocok serta sesuai keputusan bersama maka satu nama itulah akan dikirim ke Pusat.

"Dengan begitu, Artinya Cuma satu nama kandidat yang akan dikirim untuk di SK-Kan oleh Pusat dan nama itulah yang akan diusung dalam Pilkada OKI Juni 2018 mendatang," Tegasnya.

Launching yang kita lakukan hari ini, Masih katanya, sekaligus mengklarifikasi atas apa yang telah kita umumkan sebelumnya, dimana kita menyatakan proses penjaringan Bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah baru akan di launching pada 29 Juli 2017 di Lubuk Linggau oleh Ketua Umum Muhaimin Iskandar MSi.

"Untuk tanggal 29 Juli 2017 nanti itu tetap akan dilaksanakan tetapi lebih ditekankan pada bimbingan Teknis pemenangan Pilkada bagi para kader se-sumsel," Tuturnya.

Selain itu, Lanjutnya, Kita juga ingin sedikit mengklarifikasi bahwa jika ada pernyataan yang mengatakan koalisi PKB dan PAN terpecah itu tidak lah benar karena sejauh ini hubungan kita dengan PAN masih relatif baik dan jika kedua nama itu yang pada Pilkada OKI 2013 kita usung, kali ternyata mereka juga turut mendaftar maka akan kita bahas lagi.

"Artinya setelah dibahas dalam musyawarah mufakat Internal kita, Bilamana ternyata keputusannya pun sama maka tetap akan diusung kembali," Ujarnya.

Tetapi menurutnya, para kandidat yang mendaftar dan mengembalikan berkas akan diproses oleh tim dan memiliki kesempatan yang sama untuk diusung dan dimenangkan oleh PKB.

"Pengambilan keputusan diambil secara musyawarah oleh segenap pengurus. Dan juga tentunya setelah memperhatikan saran pendapat kiai-kiai di lingkungan NU dan terakhir dikuatkan dengan SK dari DPP," timpalnya.

ia juga menyatakan, kedekatan pengurus DPC dengan calon petahana sebagai bentuk tanggung jawab moril untuk mengawal pemerintahan mereka hingga 5 tahun, agar visi misi yang pernah dijanjikan waktu mendaftar sesuai dengan janji yang disampaikan ke PKB. Karena PKB salah satu pengusung pada pilkada 2013 lalu.

"Sekilas, PKB juga menyimak dan memperhatikan konfigurasi koalisi yang saat ini mulai ramai mewarnai peta politik di OKI, dan PKB akan menempatkan posisi pada koalisi yang memiliki kans menang dan menjadi ujung tombak kemenangan itu sebagai bentuk uji coba memanaskan mesin untuk pileg 2019," Tandasnya.

Sedikit bercerita, Tambahnya, Dua kali pengalaman PKB adalah partai pekerja dan siapapun yang kita usung maka kita akan melibatkan semua komponen Partai sampai ke anak ranting untuk memenangkannya.

"Ada 189 Ranting PKB dalam wilayah Kabupaten OKI dan personil ini akan direkomendasikan ke bakal calon agar dapat memaksimalkan upaya dalam meraih kemenangan dalam Pilkada," Cetusnya.(ata)

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply