» » » » » Stok Sayuran di Pasaran Minim

PALEMBANG -KrSumsel.com,- Pasca Lebaran, ketersediaan sayur mayur di beberapa pasar tradisional mengalami kekurangan. Sayur-sayuran hijau yang biasanya banjir di pasaran, beberapa hari ini tidak ditemukan di pasaran. Seperti bayam, kangkung, dan beberapa jenis sayuran hijau lainnya. 

Berdasarkan pantauan di pasar KM 5, sayuran yang biasanya melimpah tersedian, kini pasokannya berkurang. Salah seorang pedagang, Nur mengatakan, sejak beberapa hari ini stok sayuran lebih sedikit dibandingkan biasanya. Para pedagang mesti berbagi suplay sayuran di Pasar induk bersama pedagang lainnya.

Ia mengatakan, karena stok yang sangat terbatas, harga sayuran di pasaran ini juga terbilang mahal dibandingkan biasannya. Seperti harga bayam, biasannya per ikat dijual antara Rp 2000 perikat sekarang dijual dengan harga Rp 4000 perikat.

"Biasanya, masih pagi jualan sudah habis semua. Ini dampak masih Lebaran belum banyak yang menyuplai sayur, kemungkinan akan kembali normal lagi seminggu setelah lebaran," jelasnya.

Tidak hanya sayuran yang masih mahal, kebutuhan pokok lainnya juga masih tergolong mahal. Ayam potong yang biasannya hanya Rp25.000 per kilogram saat ini harganya masih melambung Rp32.000 per kilogram. Jenis-jenis ikan juga masih tergolong tinggi, ikan lele yang biasannya Rp16.000 per kilogram saat ini harganya Rp 20.000 per kilogram.

"Namun harga cabai yang biasannya tinggi justru lebih murah, cabe merah keriting hargannya berkisar antara Rp 20.000 per kilogram hingga Rp 28.000 per kilogram. Begitupun juga dengan harga bawang, bawang merah hargannya berkisar antara Rp 28.000 per kilogram sampai Rp 32.000 yang paling bagus," ujarnya.

Sementara itu, Lisa, warga Demang Lebar Daun yang biasa belanja di KM 5, mengeluhkan minimnya sayur mayur. Sementara bahan makanan lain pun harganya masih terbilang mahal. "Bahan-bahan lain masih mahal, sayuran juga tidak banyak, mungkin karena masih suasana lebaran," keluhnya. (Iya).

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply