» » » Rossi Menangi Balapan Seru di Assen

Assen, KRsumsel.com - Rider Yamaha Valentino Rossi meraih kemenangan pertamanya di musim ini usai menjuarai MotoGP Belanda. Rossi mengalahkan Danilo Petrucci lewat duel menegangkan.


Di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/2017), Rossi menjalani start bagus untuk terus berada di rombongan terdepan. Namun, pertarungan sengit dia dengan Petrucci baru terjadi di lap-lap akhir.

Rintik hujan yang turun membuat beberapa pebalap untuk mengganti motornya, termasuk peraih pole Johann Zarco. Dia kemudian kehilangan posisi terdepan dan malah dikenai penalti.

Juara bertahan Marc Marquez melengkapi podium setelah memenangi persaingan dengan Cal Crutchlow di lap terakhir. Andrea Dovizioso finis di lima besar. 

Sebanyak enam pebalap terpaksa gagal meraih angka karena terjatuh. Termasuk Maverick Vinales saat melaju dengan menjanjikan di lap 13. 

Kegagalan itu membuat Vinales kehilangan pucuk klasemen sementara yang kini dikuasai Dovizioso dengan koleksi 115 poin. Vinales di posisi kedua (111), Rossi ketiga (108), Marquez keempat (104), dan Dani Pedrosa kelima (87). 


Jalannya Balapan

Zarco mendapat tekanan dari Marquez tapi mampu mempertahankan posisinya di urutan terdepan setelah tikungan pertama. Rossi menyodok ke urutan ketiga melewati Petrucci keempat.

Memasuki lap kedua, Zarco melaju dengan meyakinkan serta membuka jarak hingga 0,7 detik dari Marquez. Di putaran ketiga, Bautista mengambil alih posisi kelima dari Redding setelah menyalip di tikungan pertama.

Marquez membukukan waktu fastest lap untuk mempersempit jaraknya dengan Zarco. Di kelompok belakang Iannone membuat kemajuan besar dengan menempati posisi keenam di lap kelima setelah start dari urutan 16.

Sementara itu, Vinales menyalip Bautista untuk merebut posisi delapan. Pedrosa masih mengalami kesulitan sehingga berada di posisi 13 sedangkan Lorenzo naik ke urutan 15, usai start dari posisi 21. 

Rossi akhirnya mampu melewati Marquez di tikungan pertama untuk merebut posisi kedua di lap 11. Zarco masih terdepan. Di sisi lain, Sam Lowes dan Jonas Folger jatuh.

Vinales kini menempati posisi kelima. Rossi berhasil menyalip Zarco untuk memimpin balapan. Drama lebih lanjut terjadi usai Zarco membuat kesalahan sehingga melorot ke peringkat ketiga. 

Balapan juga usai bagi Vinales usai jatuh di tikungan 17 di lap 13. Petrucci merangsek ke tiga besar, melewati Zarco untuk berada di belakang Marquez dan Rossi.

Di lap 16, Petrucci melewati Marquez di tikungan kelima. Rossi tidak menyia-nyiakan kesempatan itu untuk membuka jarak 0,6 detik dari Petrucci di lap 17.

Bautista yang berada di posisi keenam jatuh di tikungan kelima di lap 18. Marquez kini dalam masalah karena Dovizioso berhasil melewatinya sehingga kini merebut posisi ketiga, Marquez keempat.

Petrucci dan Dovizioso terlibat duel seru di lap 20. Sejumlah pebalap sudah mulai menukar motornya karena rintik hujan. Empat pebalap terdepan; Rossi, Petrucci, Dovizioso, dan Marquez masih dalam persaingan yang seru.

Di lap 22, Petrucci akhirnya melewati Rossi di tikungan 10 untuk mengendalikan balapan. Marquez di belakang Rossi setelah menyalip Dovizioso, yang terlalu melebar di tikungan pertama.

Perubahan posisi kembali terjadi. Rossi terdepan lagi begitupun Dovizioso melewati Marquez. Di tiga lap terakhir, Rossi dan Petrucci berjarak cukup jauh dari Dovizioso dan Marquez.

Di lap 24, Zarco justru dikenai penalti karena mengebut di pitlane. Crutchlow kini masuk dalam persaingan posisi ketiga setelah melewati Dovizioso dan Marquez. 

Di bawah bayang-bayang Petrucci, Rossi berhasil mempertahankan posisi terdepan untuk meraih kemenangan. Marquez finis ketiga setelah melewati Crutchlow di tikungan kelima. Dovizioso finis kelima.

About Redaksi KR Sumsel

Terimakasih telah berkunjung di Serumpun Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply