Dinas Koperasi dan UKM, Dorong Pengembangan UMKM

Muara Enim, Krsumsel.com - Pemerintah Kabupaten Muara Enim Melaui Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Muara Enim adakan sosialisasi kebijakan tentang usaha kecil menengah ( UKM ) kita tingkatkan pertumbuhan dan perkembangan UMKM menuju Kabupaten Muara Enim Sehat, Mandiri, Agamis, dan Sejahtera (SMAS), dihotel Griya Serasan Sekundang Kabupaten Muara Enim, Selasa(25/4/2017).

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut guna untuk meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bagi usaha kecil menengah (UKM) serta percepatan perekonomian masyarakat.

Bupati Muara Enim diwakili oleh Sekda Muara Enim Hasannudin menyampaikan, Secara historis sosialisasi ini memiliki nilai penting dan strategis, terhadap percepatan pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah, serta perekonomian Kabupaten Muara Enim.

Dalam hal ini sejalan dengan upaya memberikan pemahaman terhadap para pelaku usaha mikro kecil (UKM) dan pihak pemerintah untuk bersama-sama menumbuhkan iklim usaha bagi seluruh pelaku UKM sehinggah akan tumbuh wirausahawan baru yang tangguh dan mandiri.

Terpisah, Usaha mikro, kecil dan menengah merupakan program penangulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan ekonomi mikro, kecil dan menengah. Dan usaha mikro, kecil dan menengah selama ini sudah menjalankan perannya dengan baik. Memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian nasional umumnya dan perekonomian di Kabupaten Muara Enim Khususnya. Paparnya.

"Dalam memberdayakan UMKM, pemerintah telah membuat kebijakan mendorong perbankan menyalurkan kredit pembiayaan kepada UMKM dan Koperasi, dalam upaya mendukung pengembangan serta pemberdayaan UMKM pemerintah telah menerbitkan kebijakan memberikan payung Hukum, legalitas usaha bagi UMKM berupa izin usaha mikro dan kecil (IUMK)," Ujarnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan, Hayadi dalam laporannya mengatakan peserta kegiatan berjumlah 160 orang yang terbagi menjadi dua angkatan. 

“Angkatan pertama yakni 80 orang dari staf kecamatan se-Kabupaten Muaraenim pada 25 dan 26 April, kemudian angkatan kedua sebanyak 80 orang juga dari unsur UKM pada 27 dan 28 April,” paparnya. (Amn)

No comments

Powered by Blogger.